Pengabdian Masyarakat untuk Meningkatkan Peran Ayah dalam Pengasuhan, Dosen Departemen Psikologi Gandeng Desa Cubadak Mentawai Pariaman sebagai Mitra

Kegiatan Pelatihan “Psikoedukasi Father Attachment dan Pelatihan Fathering untuk Meningkatkan Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan” merupakan kegiatan pengabdian masyarakat dosen departemen psikologi FPK UNP yang diketuai oleh Ibu Rahmadianti Aulia, S.Psi., M.A yang diselenggarakan pada hari Kamis, 18 Juli 2024 bertempat di Desa Cubadak Mentawai Pariaman.

Pelatihan ini dihadiri oleh Narasumber yakni Bapak Irsyad Shabri, S.Hum., M.Hum., C.TM., dan dan Ibu Hanifa Laura Dalimunthe, M.Psi., Psikolog. Bapak Irsyad menjelaskan tentang menjelaskan pentingnya peran ayah dalam pengasuhan anak. Dia memaparkan konsep keterikatan emosional antara ayah dan anak serta bagaimana bahasa kasih dapat mengoptimalkan potensi anak. Ibu Hanifa melanjutkan dengan materi tentang strategi praktis yang bisa digunakan ayah untuk lebih terlibat dalam pengasuhan sehari-hari. Peran ayah sangat penting dalam membentuk karakter dan kepercayaan diri anak.

Acara ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat yang aktif berpartisipasi dalam diskusi dan menunjukkan antusiasme tinggi untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh. Kepala Desa Cubadak Mentawai, Azwirman, S.IQ., M.Pd., dalam sambutannya menyatakan, “Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari Fakultas Psikologi UNP dan kehadiran para narasumber. Pelatihan ini sangat penting bagi para ayah di desa kami. Diharapkan melalui kegiatan ini, para ayah dapat lebih memahami peran mereka dalam pengasuhan anak dan bagaimana meningkatkan kualitas hubungan dengan anak-anak mereka.”(devilusiria)

Related posts

Leave a Comment